Saturday, October 8, 2011

Norway!

at Frognerparken

Halo, nama saya Aloysia Rarasningtyas, Raras, saat ini exchange student ke Norwegia. Hari ini saya sudah sekitar 1,5 bulan di Norwegia, dan every day I discover something new. Saya sebenernya ga begitu tau mau nulis apa, tapi saya akan cerita gimana hidup saya di Norwegia sejauh ini.

Saya tinggal di Asker, sekitar 20 kilometer dari Oslo. Saya tinggal di keluarga dengan Pappa, Mamma, dan 2 adik perempuan berumur 3,5 dan 5,5 tahun. Mempunyai adik balita sangat sangat menguntungkan, karena saya suka diajarin bahasa Norwegia. Topik yang saya kuasai (karena tau dari mereka) pertama-pertama adalah: makan dan makanan, menggambar, huruf dan angka, warna :D

Norwegia adalah pilihan pertama saya, dan untung banget saya dapet di Norwegia. Keputusan saya untuk memilih Norwegia maybe is one of the most right decision in my life. Orang-orang suka bingung kenapa pilih Norwegia, bahkan orang sini, tapi kenapa enggak? I think every country in the world is pretty in their own way. That's one big thing I learnt here. Terbukti banget Norwegia pretty. Bener-bener kemanapun saya pergi, saya terpukau gimana bisa ada tempat secantik iniii (>.<)

Saya satu-satunya yang dari Indonesia ke Norwegia (setiap tahun memang begitu) dan pengalaman buat berani sendiri itu kerasa banget. Apa lagi pas camp pertama, orang-orang bakal duduk sama temen-temen satu negaranya, tapi saya pindah-pindah aja gitu sok kenal sama orang-orang hahaha.

Bahasa
Saya sekarang belum lancar bahasa (iyalah) tapi sekarang udah lebih ngerti, jadi saya yakin 1 bulan lagi udah makin bisa (amin). Saya belum pernah belajar bahasa Norwegia. Pas nyampe cuma tau "tusen takk" dan "Jeg heter Raras", yaitu terima kasih banyak dan nama saya Raras. Itu pun ngomongnya juga masih salah. Untungnya saya udah tau lebih banyak kalimat sekarang. Oiya maaf ya post saya ada campuran bahasa Inggrisnya, karena sekarang otak saya kecampur bahasa Indonesia Inggris, Norwegia, dan Jerman (tapi cuma pas pelajaran bahasa Jerman).

Sekolah dan Teman
Sekolah sejauh ini seru! saya sangat suka dengan sistem sekolah di sini yang bisa milih apapun yang kita mau. Pelajaran pilihan saya (di luar yang wajib) adalah Psikologi, Kimia, dan Inggris. Yang wajib Norwegia, Sejarah, Olahraga, Matematika dan bahasa pilihan, Jerman. Murid-murid di sini bebas banget, tapi mereka masih sadar diri. Mereka ngerjain pr bukan karena harus, tapi karena tau kalo mereka butuh. Mereka fit-fit banget dan jago olahraga! Jagonya bukan main.

Alam dan Cuaca
Cuaca! Dingin bangeeeet. Saya orangnya gak kuat dingin sebenernya. Minggu pertama pake 3 lapis atasan (termasuk jaket) dan 2-3 lapis celana. Saya cerita ke temen saya, dia bilang saya harus menyesuaikan diri soalnya saat itu masih 15an derajat, gimana pas -20 derajat? jadi sekarang sekitar 10 derajat saya pake 2 lapis termasuk jaket dan 1 lapis celana, dan gak terlalu kedinginan. Dan lucunya, di sini kalo ada matahari, dingin tapi terik. kalo lepas jaket kedinginan, kalo pake jaket gerah.

Alamnya indah banget di sini. Di depan rumah saya ada hutan yang keren banget. Sekarang lagi musim gugur, dan ini musim gugur pertama saya (setidaknya sejauh yang saya ingat).Saya norak banget pas liat pohon-pohon warna kuning dan merah (sampe sekarang hahaha).


That's overall :D baca blog saya ya kalo mau tau lebih banyak! www.whitepaperdiary.blogspot.com silahkan diklik saja. Ha det bra!

4 comments:

  1. hallo nama saya norwegia hhhh... tahun depan pingin belajar kesana, bisa minta cp gak untuk nanya2 lebih jauh.
    makasi banget ^^

    ~norwe~

    ReplyDelete
  2. Hi Raras,..
    Jeg heter Wida og var bor i Molde en år siden. Kan vi snakke mer på norsk?
    Hilsen Wida

    ReplyDelete
  3. Jeg verter deg for svar meg.Takk skal du ha. ;)

    ReplyDelete